Detail Berita

Supervisi Akademik- Coaching

Senin, 20 November 2023 05:17 WIB
116 |   -

  1. Perasaan saya ketika di observasi kepala sekolah yaitu saya agak gugup takut salah dalam penyampaian materi kepada siswa namun jika disiapkan mantap baik RPP dan menguasai bahan ajar merasa nyaman saja.
  2. saat Obsevasi tersebut saya berusaha melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang saya buat dan berusaha membuat suasana kelas nyaman dan ada kolaborasi antar guru dan siswa supaya menghindari penilaian buruk terhadap kinerja saya. dan pasca kegiatan observasi tersebut saya rasa plong merasa beban yang saya pikul ini ringan efek stres dengan supervisi kepala sekolah.
  3. Proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri saya berkembang sebagai seorang pendidik yaitu dalam setelah selesai observasi, kepala Sekolah memberi masukan positif bagi pengembangan kinerja saya dalam pembelajaran agar lebih mantap lagi kedepannya
  4. Jika saya saat ini menjadi kepala sekolah yang melakukan supervisi, menurut saya kondisi guru di sekolah berada pada skala 7 dari 10 berdasarkan kriteria ideal yang saya miliki.

    Namun, saya memberikan skala 7 karena masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti sebagian guru yang telah menerapkan pembelajaran inovatif dengan video atau game edukasi, tetapi beberapa guru masih merasa khawatir dengan supervisi akademik.

    Oleh karena itu, perlu dilakukan pendekatan dan diskusi lebih dalam untuk memberi pemahaman bahwa supervisi bukanlah hal yang menakutkan.

  5. Aspek  yang saya butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu yaitu guru sudah mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan 5 KSE pada setiap itemnya dan guru tentunya harus berpihak pada murid menuntun siswa pada kodratnya dan mengingatkan kesepakatan kelas 

  6. Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini yaitu lebih menguasai teknik coaching supervisi akademik agar kedepannya jika ada supervisi akademik oleh kepala sekolah saya mampu melaksanakan sesuai petunjuknya.terjadi perubahan dari cara berpikir, sudut pandang, dan mengambil keputusan dalam menghadapi suatu kondisi dan permasalahan.Terjadi perubahan cara berkomunikasi dengan murid dan rekan guru.Mampu melakukan coaching kepada murid dan rekan guru.Memiliki sikap terbuka, kritis, empati, dan percaya diri dalam melakukan coaching

  7. kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini yaitu mempelajari materi yang berisi contoh-contoh praktik coaching yang kontekstual, antara guru dengan murid dan guru dengan guru lainnya; ⟮2) diskusi dengan rekan CGP, fasilitator, dan instruktur; ⟮3) membedah kasus yang terkait coaching; ⟮4) menerapkan praktik coaching. CF


Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini