Detail Berita

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Model 5R " Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid"

Kamis, 28 Maret 2024 07:29 WIB
2182 |   -

 

Salam dan bahagia, bersama ini saya akan melakukan refleksi dwi mingguan pada modul 3.3 PGP Angkatan 9 Kabujpaten Raja Ampat, adapun model refleksi yang saya gunakan adalah model 6 yaitu responding, relating, reasoning, dan reconstructing (5R). Model refkelsi 5M diadaptasi dari model 5R (Bain,dkk,2022, dalam Ryan & Ryan, 2013). 5M terdiri dari alangkah- langkah berikut :

  1. Mendesripsikan (Reporting ) dimana saya akan menceritakan ulang peristiwa yang terjadi. awal cerita tanggal 28 Februari 2024, saya diingatkan fasilitatator lewat grup watsapp bahwa untuk memasuki modul 3.3 saya harus membaca Mulai dari Diri  & Eksplorasi Konsep – Mandiri, di sini saya berefleksi dan melihat kembali perspektif atau cara pandang saya tentang program yang berdampak positif pada murid. Selama ini, sering sekali kita melihat bahwa program-program sekolah, baik program intra kurikuler, program ko-kurikuler, atau program ekstra kurikuler pengelolaannya hanya menempatkan murid-murid sebagai objek dari program-program tersebut. Mereka memang melakukan, atau menjalankan program-program tersebut, namun banyak yang kesulitan untuk mengambil makna dari pengalaman mereka tersebut karena hanya merasakan keterlibatan  itu sebagai sebuah keharusan untuk terlibat, rutinitas, kewajiban yang harus dijalankan, atau hanya sekedar sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Padahal, kita semua tahu bahwa pengambilan makna adalah esensi dari proses belajar itu sendiri.Capaian yang Diharapkan yaitu -Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.-Guru Penggerak melakukan pendampingan kepada  seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.-Guru Penggerak merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti. yang saya pelajari pada modul ini yaitu a. Kepemimpinan murid atara lain Suara murid, Pilihan murid, Kepemilikan murid serta Kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila b. Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.c. Pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. dan Program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Alur pembelajarannnya saya mulai dari Alur MERDEKA - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid yaitu Mulai dari Diri, disnin sayamelakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.setelah itu Eksplorasi Konsep – Mandiri tanggal 29 Februari 2024 saya melakukan Eksplorasi Konsep 1 yaitu : membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid (students agency).Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid,Bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.setelah itu pada Eksplorasi Konsep 2: kami  melakukan diskusi asinkron untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid serta menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi. Tanggal 5- 6 maret saya bersama 8 CGP di kelas E2 berada pada Ruang Kolaborasi, disini pada sesi 1 dan sesi 2 kami bersama fasilitator membahas tentang CGP akan bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid). Pada tanggal 7 maret 2024 saya membuat Demonstrasi Kontekstual yaitu membuat sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA, pada tanggal 11 Maret saya bergabung bersama rekan CGP kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong dan Kota sorong berjumlah 56 CGP berada pada Elaborasi Pemahaman/Koneksi Antar Materi yang disampaikan oleh instruktur Istiqomah, saya bersama CGP lainnya  berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mereka terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Setelah kami selesai berada dalam meet bersama instruktur maka tugas selanjutnya adalah membuat Koneksi Antar Materi setiap modul dan ini dijadwalkan tanggal 12 maret 2024, jika lewat tanggal itu maka data saya merah. CGP akan melakukan koneksi antar materi yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.Aksi Nyata tanggal 13 - 18 maret 2024 pada aksi nyata ini CGP menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. dan sebelum aksi nyata kami sudah melakukan lokakarya ke 5 di kota waisai tempatnya di SMA Negeri 14 Raja Ampat, setelah itu akhir dari modul ini adalah Post-test Paket Modul 3 pada tanggal 16 Maret 2024
  2. Merespon (responding) di sini saya menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan. misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung.pada tahap ini saya senang bisa belajar bahwa dalam pembelajaran setiap kegiatan yang di buat seharus kita berdiskusi bersama kepala sekolah dan dewan guru,setelah itu membagikan angket untuk mengetahui minat siswa akan kegiatan atau program yang akan di jalankan untuk mengetahui  Suara murid, Pilihan murid  serta  Kepemilikan murid akan rencana kegiatan yang aka  di buat bersama.
  3. mengaitkan (Relating) pengetahuan yang saya peroleh lewat modul 3.3 sebagai pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid maka saya mengusulkan ke kepala sekolah tentang progran yang berdampak pada murid menggunakan alur BAGJA
  4. Menganalisis (Reasoning) setelah berdiskusi dengan kepala sekolah dan dewan guru, maka selanjutnya kami melakukan analisis kegiatan yang melibatkan 7 aset sekolah yang ada 
  5. merancang Ulang (Recontrucking) pada tahap ini setelah melakukan analisis maka saya sebagai CGP membuat atau merancang ulang kegiatan bersama kesiswaan dan wali kelas sebagai aset manusia yang ada di sekolah terkait kapan pelaksanaan kegiatan PERSAMI di laksanakan dan sebagai guru kami memberikan kesempatan kepada murid untuk lebih banyak berlatih dan menjadi pemimpin dalam kegiatan PramukaSalam Guru Penggerak, CGP Angkatan 9 Raja Ampat, Cornely Filimdity,S.Pd.,M.Pd

Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini